Minggu, 19 Juni 2011

KONPETENSI SDM


INDIVIDUAL COMPETENCY FOR CHANGE
Oleh: Wahyu Purhantara



  • Kompetensi adalah hal-hal yang mendasari efektivitas kinerja individu dalam pekerjaannya. Komnpetensi individu merupakan sesuatu hal yang melekat dalam dirinya yang dapat digunakan untuk memprediksi tingkat kinerjajnya (Spencer, 1993).
  • Kompetensi seringkali diterangkan sebagai pengetahuan, ketrampilan dan nilai-nilai yang telah menjadi cara bertindak dan berfikir seseorang.
  • Kompetensi tidak cukup dilafalkan, tetapi sungguh dimengertai dan telah menjadi bagian dirinya (Paul Suparno, 2002).
  • Contoh dalam kompetensi SDM: motif, konsep diri, sifat, pengetahuan, dan keahlian.
  • Keahlian dan pengetahuan dapat diperoleh melalui proses pendidikan, sedangkan sikap dapat diketahui saat proses seleksi SDM. 

4 KOMPETENSI
(PAUL SUPARNO, 2002)

Kompetensi keahlian
  • Pekerja harus benar-benar menguasai bidang keahliannya dan menguasai kompetensi bidang yang digelutinya.
  • Contoh: manajemen, komputer, arsitektur, hukum, dll.

Kompetensi dalam sikap kerja atau etos kerja
  • Kompetensi ini menyangkut nilai-nilai ataupun sikap yg telah menjadi bagian dari cara hidup dan cara kerja seseorang.
  • Contoh: keahlian dlm mengambil keputusan scr tepat, memilih bidang bisnis, bekerja scr efektif & efisien, dll

Kompetensi dalam bekerjasama dengan orang lain
  • Kemampuan pekerja untuk dapat bekerjasama dengan orang lain sangat ditekankan dalam kompetensi ini.
  • Contoh: keahlian melobi, bekerja dalam teamwork, dll

Kompetensi untuk mengekspresikan diri
  • Kemampuan seseorang untuk menampilkan dirinya sendiri sesuai dengan bakat dan minatnya.
  • Contoh: para pekerja seni, para entreprenerur, dll

KOMPETENSI INDIVIDU
KEMAMPUAN DAN KETRAMPILAN
  • Kebugaran fisik & etos kerja
  • Pendidikan & pelatihan
  • Pengalaman kerja

MOTIVASI & ETOS KERJA
  • Bekerja sbg keterpaksaan
  • Bekerja sbg tantangan dan memberi kepuasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar